Monday, 11 February 2013

Masalah, Pilihan, Kenangan


Kenapa harus ada masalah? ya karena emang harus ada. Kalau kalian sadar, hidup di dunia ini emang ga bisa jauh jauh dari masalah. Masalah ga bisa dihilangkan, kita Cuma bisa menguranginya dan membuat masalah tersebut menjadi lebih kecil. Kita ga bisa lari dari masalah, lari dari masalah Cuma bakalan bikin masalah jadi tambah banyak. Kayak pembelahan virus dalam tubuh bakteri, 1 jadi 2, 2 jadi 4, 4 jadi8, 8 jadi 16 dan lama kelamaan bakalan jadi bom waktu yang bisa mematikan diri kita sendiri.


Dan kalau gue perhatiin, masalah utama dalam hidup ini cuma satu : memilih. Di dunia yang kecil dan sementara ini ya kita emang harus pilih, memilih mana yang sekiranya baik bagi kita di dunia maupun akhirat.  Milih a atau b, 1 atau 2, sekarang apa entar, iya atau tidak, ini atau itu. Bahkan ga jarang kalo kita harus memilih satu diantara beberapa pilihan yang bisa aja semuanya baik, atau bisa juga ga ada yang baik. Tapi tetep, kita harus milih.

Seperti apa yang ibu gue bilang waktu gue lagi curhat tentang ke-maha-labil-an gue “kakak emang harus pilih satu, hidup itu kan pilihan”

Juga seperti apa yang dijabarin secara lengkap sama Kak Budi:
Hidup adalah pilihan, mati adalah kepastian. Hidup ini penuh dengan resiko. Pilihlah resiko yang mampu kamu hadapi, kerjakan sebaik-baiknya sesuai aturan agama dan pemerintah, karena dengan itu, hasilnya pasti akan sukses. Karena apa yang tidak baik menurut kita, belum tentu tidak baik bagi Allah.
Berbagai pilhan dalam hidup membuat kita terkadang memilih pilihan yang salah, dan hanya bisa kita ‘sesali’ saat semuanya telah berlalu. Saat semuanya berubah menjadi masa lalu dan kenangan yang terkadang menyakitkan.

Tapi ingat, tidak semua yang menyakitkan bisa menjatuhkan kita “jadikan masa lalu sebagai kenangan manis walau kenangan itu menyakitkan. Buat kenangan itu menjadi pelajaran yang berharga agar tidak terulang lagi” –Ka Endri-

Yups ambil satu pilihan, kerjakan sebaik mungkin sesuai aturan. Jadikan kenangan serta masalalu menjadi sesuatu yang indah dan manis untuk kita kenang, sampai tiba saatnya nanti kita benar benar merasakan manis yang sesungguhnya :’).

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...