Rangkaian Solusi Smart Home untuk Lindungi Rumah Saat Berpergian

Setiap tahunnya Musim liburan menyisakan kenangan tersendiri bagi setiap orang. Bagi gue sendiri, di momen ini gue bisa sedikit bersenang-senang dan refreshing dari rutinitas sehari-hari–iya walaupun beberapa diantara dari kita hanya mengisi liburan dengan hanya berdiam diri di rumah dan tidak berpergian kemana-mana.

Banyak orang yang memanfaatkan momen liburan untuk berpergian dalam jangka waktu yang lama. Nayoritas dari mereka ternyata berpergian dengan durasi waktu yang cukup lama, 4-12 hari. Ninggalin rumah kosong selama itu di kota besar? Beresiko banget ga sih?

Menurut data Pusat Informasi Kriminal Nasional POLRI, di tahun 2016 lalu secara nasional jumlah kasus pencurian dengan pemberatan menempati posisi tertinggi sebanyak 2.816 kasus. Yang dimana, modus pencurian paling banyak adalah ketika musim lebaran saat rumah kosong ditinggal penghuninya. Belum lagi resiko bahaya akibat arus pendek listrik (re:korsleting)  yang sering kejadian kalau kita ngga teliti ngecek kondisi aliran listrik pas mau ninggalin rumah.

Gue pun bertanya-tanya;  sebenernya ada gak sih teknologi canggih yang bisa menjaga kemanan rumah selama mudik?

Dan ternyataa Schneider Electric, sebuah perusahaan global di bidang pengelolaan energi dan automasi udah menjawab itu semua. Banyak banget teknologi Smart Home Terintegrasi yang udah mereka kembangkan buat menjaga keamanan rumah kalau lagi berpergian. Teknologi ini menurut gue sangat keren karena sudah menggunakan sistem automasi dan terintegrasi, jadi bakalan mudah banget pengawasan dan pengontrolan jarak jauhnya via gadget. Selain itu, teknologi ini sederhana dan easy-to-use dengan tidak megesampingkan kualitasnya.

Nah ini dia nih 5 teknologi Smart Home Terintegrasi dari Schneider Electric:

Sensor Okupasi
Beberapa orang terkadang lupa matiin lampu ketika keluar rumah. Akibatnya, lampu rumah bisa nyala seharian siang-malam. Kondisi kayak gini selain boros listrik juga bisa mengundang aksi kejahatan karena lampu yang nyala di siang hari memberi kesan kalau sang pemilik rumah sedang tidak ada di tempat.

Nah, Sensor Okupasi bisa ngebantu kita karena teknologi ini bisa menyalakan ataupun mematikan lampu secara otomatis dengan cara mendeteksi gerakan dalam ruangan. Schneider Electric ini punya beragam solusi sensor okupansi diantaranyaa: NEO, ZENcelo dan Argus yang masing-masingnya memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing.

Residual Current Circuit Breaker with Over Current Protection (RCBO) 
Selain lupa matiin lampu, beberapa orang juga terkadang lupa buat memeriksa ataupun mencabut stopkontak peralatan listrik yang gak-kepake. Kondisi kayak gini beresiko menimbulkan arus pendek listrik (re:korsleting) yang bisa  terjadi kapan aja tanpa terdeteksi, apalagi kalau kondisi rumah lagi kosong.

Teknologi RCBO berfungsi melindungi rumah dan penghuninya dari kerugian materi bahkan nyawa akibat hubungan pendek arus listrik. RCBO sendiri merupakan gabungan antara fungsi MCB dan ELCB. Jadi, selain memutus arus listrik kalau terjadi hubungan pendek arus listrik, RCBO juga memutus arus litrik ke tanah sehingga melindungi rumah dan seluruh isinya (bahkan penghuninya kalau lagi di tempat) dari sengatan listrik.

Lighting Control
Teknologi ini merupakan pemanfaatan teknologi dan Internet of Things untuk mengkoneksikan antar perangkat rumah secara otomatis. Dengan teknologi ini, kita bisa nyalain dan matiin lampu rumah kita dari jarak jauh hanya via gadget dimanapun kita berada saat itu juga. Selain itu, kita juga bisa mengatur jadwal otomatis untuk nyalain/matiin lampu supaya menghemat penggunaan listrik. Bahkan, teknologi ini juga bisa diterapkan buat mengontrol TV dan AC di rumah loh.

Schneider Electric pun punya serangkaian solusi yang sangaat beragam dari yang ekonomis dan sederhana, contohnya EZinstall3 Mini Home Control. Sampai yang lebih canggihnya yaitu Wiser.

CCTV
Salah satu resiko terbesar saat ninggalin rumah pas berpergian adalah resiko kemalingan. Nah salah satu sistem keamanan yang  tepat buat ngatasin hal ini adalah dengan memasang CCTV yang bisa mantau kondisi rumah 24 jam non-stop-seharian dan bisa di control via gadget.

Schneider Electric punya brand CCTV yang keren yaitu Pelco, teknologi ini bisa merekam keadaan dengan kualitas gambar tinggi dan menjangkau area yang luas walaunpun cuma menggunakan satu kamera aja.

Entrance Control System sekaligus Touch Screen Indoor Station
Teknologi terbaru dari Schneider Electric yaitu Xightor Pro Video Door Phone System bisa mempermudah pememantauan dan komunikasi dengan setiap orang yang mungkin datang ke rumah saat kita lagi bepergian. Hebatnya, walaupun kita lagi ngga di rumah, kita tetep bisa mantau kondisi rumah via gadget. Tekonologi ini juga diintegasikan dengan CCTV ataupun intrusion alarm yang bisa memastikan keamanan rumah 24 jam.





Nah teknologi-teknologi canggih dan modern dari Schneider Electric ini menurut gue emang tepat banget sih buat menjawab ketakutan dan kekhawatiran bagi orang-orang  yang mau berpergin berhari-hari. Dan gue pun menyadari kalau masa depan udah ada di depan mata, Life is On :).

Sumber: www.schneider-electric.com

Comments

Popular posts from this blog

Menulis Judul Sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan)

Cerita dari Merbabu

Ciri-Ciri Sel Darah