Saturday, 13 December 2014

Menulis Judul sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan)


Yap berhubung beberapa bulan lagi UN, kali ini gue mau ngepost salah satu Indikator dari SKL UN Bahasa Indonesia IPA/IPStahun 2015.


Indikator: Menulis judul sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan).


1.  Huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama semua kata.
2.  Gunakan huruf kecil hanya untuk kata-kata yang bersifat partikel, kecuali ia terletak di awal judul.
Kata-kata yang tergolong sebagai partikel, yaitu konjungsi (kata penghubung), preposisi (kata depan), dan interjeksi (seruan perasaan). 


Contohnya:

di, ke, dari, dan, atau, yang, untuk, dengan, dalam, pada, kepada, sebagai, terhadap, jika, maka, tapi, karena, tentang, agar, supaya, hingga, sejak, pun, per, demi, si,  meskipun, secara, seperti, ialah, ah, oh, deh, dong, kok.


3. Hanya kata ulang sempurna yang semua unsurnya diawali dengan huruf kapital. Jadi, tidak termasuk kata ulang berubah bunyi dan kata ulang berimbuhan.



Kata ulang sempurna.

·     Misalnya murid-murid, jalan-jalan, partai-partai, samar-samar, masalah-masalah, bukit-bukit, surat kabar-surat kabar, dan buku-buku.
Dengan demikian, judul artikel "Pengesahan
Undang-Undang yang Baru" adalah benar, dan bukan dengan Undang-undang.

·     Kata ulang berubah bunyi.

      Contohnya: kocar-kacir; gerak-gerik; sayur-mayur; lauk-pauk; kacau-balau; pernak-pernik. 

      Contoh penulisan judul yang benar dengan kata ulang tersebut: Harga Sayur-mayur di Pasar Naik. Ditulis dengan satu huruf kapital, Sayur-mayur, bukan Sayur-Mayur.



Kata ulang berimbuhan.

       Contohnya:  berjam-jam; berkali-kali; sayur-sayuran; memasak-masak; berguling-guling; tergopoh-gopoh; pukul-memukul; berkejar-kejaran. 

      Contoh penulisan judul dengan kata ulang berimbuhan: Puluhan Siswa Kejar-mengejar dalam Tawuran. Ditulis dengan satu huruf besar pada Kejar-mengejar, bukan Kejar-Mengejar.



Contoh-contoh penulisan judul karangan:

    1.      Teknik Pemintalan Benang dengan Teknologi Sederhana

    2.      Pendekatan Tanpa Kekerasan pada Anak Didik

    3.      Membandingkan Puisi Indonesia dan Puisi Terjemahan dalam Pembelajaran




Nah segini dulu yaa :)

Sumber:
http://menuliskalimat.com/2013/10/judul.html
buku SPM dan beberapa web lainnya.
 

44 comments:

  1. Belajar Bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat penting. Itu akan membuatmu lebih terpandang baik di dalam maupun luar negeri lho :)

    ReplyDelete
  2. Nice post,

    Kami memberikan pelayanan jasa editing naskah termurah yang pernah ada.
    Boleh mampir dulu kesini : https://malkasmedia.wordpress.com/2015/04/27/jasa-editing-naskah/
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih boz sgt brmanfaat

    ReplyDelete
  4. Terima kasih, blognya bermanfaat sekali :-)

    ReplyDelete
  5. terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete
  6. Ka gimana kalo kata 'tak' apa itu termasuk kata konjungsi, preposisi, atau interjeksi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata tak bukan termasuk konjungsi(kata hubung), preposisi (kata depan), atau interjeksi (seruan perasaan; contohnya "wah", "duh").

      Kata 'tak' termasuk kata yang mengalami proses pembentukan kata yang asalnya 'tidak'. Dalam penulisan judul, kata ini ditulis kapital.

      (Thanks to Dara Minananda!! Yay!)

      Delete
  7. Semoga, ditambah lagi ilmu nya oleh Allah SWT, Amiin

    ReplyDelete
  8. Klo penulisan kata " ini " dalam.judul apakah ditulis dgn awalan huruf besar

    ReplyDelete
  9. Klo penulisan kata " ini " dalam.judul apakah ditulis dgn awalan huruf besar

    ReplyDelete
  10. Kalo nama instansi dan sekolah di dalam bab. Yang kapital huruf awal awalnya aja apa smuanya besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama instansi dan sekolah semuanya huruf awal katanya ditulis kapital.

      Delete
  11. Kalo nama instansi dan sekolah di dalam bab. Yang kapital huruf awal awalnya aja apa smuanya besar

    ReplyDelete
  12. Kalo judulnya seperti ini, "Terkendala Dana, Porseni tetap 'Jalan'"
    itu bener atau tidak?
    Boleh tidak judul memakai tanda ' pada salah satu suku katanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh menggunakan kutip namun kata 'tetap' ditulis kapital.

      Delete
  13. Klo penulisan kata " Itu " dalam.judul apakah ditulis dgn awalan huruf besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata 'itu' bukan termasuk konjungis, preposisi, atau injeksi sehingga ditulis kapital.

      Delete
  14. jika penulisan dalam judul "Membunuh atau dibunuh" di pada kata dibunuh harus huruf kecil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'Di' pada kata dibunuh merupakan imbuhan bukan preposisi sehingga ditulis kapital

      Delete
  15. Wlaupun sdikit, brmnfaat ko'😁 mkasih

    ReplyDelete
  16. Ringkas dan bermanfaat.. Terimakasih..

    ReplyDelete
  17. Kata kepala sekolah dan kepala desa awalan nya kapital ya kak?

    ReplyDelete
  18. bermanfaat postingannya, kalau mau silahkan kunjungi blog saya juga mademinstion.wordpress.com barang kali masih ada yang belum benar penulisannya.. :)

    ReplyDelete
  19. Sangat bermanfaat. Terima kasih

    ReplyDelete
  20. Terima kasih, sangat bermanfaat.
    Mau tanya, kalau judul skripsi "cara pembagian harta warisan menurut kompilasi hukum islam". awal kata "menurut" kapital tidak?
    terima kasih :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...