Skip to main content

Ciri-Ciri Sel Darah


Holaa, lg belajar IPA, gw post aja, semoga bermanfaat(y)

No
Ciri
Sel Darah
Eritrosit (Sel Darah Merah)
Leukosit (Sel Darah Putih)
Trombosit (Keping Darah)
1.
Bentuk
Bulat cekung (bikonkaf), tidak berinti
Tidak Teratur, berinti
Tidak teratur, tidak berinti
2.
Fungsi
Mengangkut O2 dan CO2
Membunuh kuman
Pembekuan darah
3.
Jumlah (per mm3 darah)
4-5 juta
8000-9000
100-250 ribu
4.
Usia
120 hari
12-13 hari
8 hari
5.
Di buat di
Hati dan limpa(saat dalam rahim), Sum-sum tulang (t.pipih)
Sum-sum merah (t.pipa), limpa dan kelenjar limfe
Sum-sum tulang


 Sel darah merah
 > Mengandung Hb, yaitu zat warna darah yang berfungsi mengikat O2
 > Seldarah merah yang tua akan dirombak menjadi bilirubin (zat warna empedu) di hati






Sel Darah Putih
 > Terdapat dua kelompok leukosit, 
A. Tidak bergranula : limfosit dan monosit
B. Bergranula : eusinofil, basofil, neutrofil
> Memiliki sifat fagositosis, yaitu memangsa dan menghancurkan bakteri serta sel-sel tubuh yang mati.
> Dapat menembus dinding pembuluh darah (kapiler darah)


Keping Darah 














sumber gambar : google.com

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menulis Judul sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan)

Yap berhubung beberapa bulan lagi UN, kali ini gue mau ngepost salah satu Indikator dari SKL UN Bahasa Indonesia IPA/IPStahun 2015.


Indikator: Menulis judul sesuai EYD (Ejaan yang Disempurnakan).


1.  Huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama semua kata.
2.  Gunakan huruf kecil hanya untuk kata-kata yang bersifat partikel, kecuali ia terletak di awal judul.
Kata-kata yang tergolong sebagai partikel, yaitu konjungsi (kata penghubung), preposisi (kata depan), dan interjeksi (seruan perasaan). 

Contohnya:

di, ke, dari, dan, atau, yang, untuk, dengan, dalam, pada, kepada, sebagai, terhadap, jika, maka, tapi, karena, tentang, agar, supaya, hingga, sejak, pun, per, demi, si,  meskipun, secara, seperti, ialah, ah, oh, deh, dong, kok.

3. Hanya kata ulang sempurna yang semua unsurnya diawali dengan huruf kapital.Jadi, tidak termasuk kata ulang berubah bunyi dan kata ulang berimbuhan.



Kata ulang sempurna.

·     Misalnya murid-murid, jalan-jalan, partai-partai, samar-samar, masalah-masalah, bukit-buk…

HALOOO

Ketika ketika ketika
lo kangen sosok yang menyenangakan  itu (lagi) ((lagi)) (((lagi))) maka? maka? maka? Maka biarkan aku menjadi patrick agar bisa selalu bermain bersamamu. #TernyataKangenSpongebob
“Kenapa harus ada matahari tenggelam di hari yang sempurna." -Patrick Star
Wassalamualaikum
*gambar nyari di google